SitungirNews.Id | Hari Raya Idulfitri berlekatan dengan banyak tradisi.
Salah satu negara yang kental akan tradisi lebaran adalah Indonesia.
Baca Juga:
Pemkot Surabaya Rencanakan Konser Internasional di Kawasan THR dan TRS
Di Indonesia, tradisi ini dijalankan baik sebelum maupun saat hari raya. Tradisi Idulfitri yang kental di Indonesia antara lain mudik, berbagi THR (Tunjangan Hari Raya), dan menukar uang baru. Bagaimana asal usulnya menurut aspek sosiologis?
Pakar sosiologi Universitas Airlangga (UNAIR), Prof Musta'in Mashud, menjelaskan ketiga tradisi menjelang lebaran ini melalui kacamata sosiologi. Menurutnya, tradisi-tradisi tersebut memiliki akar sejarah yang unik serta patut diapresiasi keberadaannya.
Asal Usul Tradisi Lebaran di Indonesia Menurut Sosiolog
Baca Juga:
Aduan Sementara di Posko THR, Kemnaker Catat 1.187 Kasus
1. Mudik
Mudik atau singkatan dari 'mulih dilik' memiliki arti pulang sebentar. Sesuai namanya, mudik merupakan tradisi lebaran yang umum dilakukan masyarakat urban untuk kembali ke kampung halaman.
Musta'in menjelaskan, mudik merupakan momen untuk kembali kepada memori masa lampau bersama keluarga. Hal ini merupakan konsekuensi logis yang terbentuk secara alami di dalam diri manusia ketika berada jauh dari keluarga.
Momen mudik sudah menjadi kebutuhan diri dan tidak dapat digantikan maupun dikalkulasikan secara ekonomi. Inilah yang membuat orang rela melakukan mudik meski tahu biaya yang dikeluarkan tidak sedikit.
"Proses untuk kembali dari tempat bekerja itu sebagian dari romantisme mereka, jadi segala sesuatu itu tidak bisa dinilai dengan kalkulasi rasional secara ekonomi," ujar Prof Musta'in dalam laman resmi UNAIR, Selasa (3/5/2022).
2. Bagi-Bagi THR
Bagi-bagi THR sudah menjadi tradisi yang sangat ditunggu-tunggu oleh pekerja menjelang Hari Raya Idulfitri. Istilah ini bahkan dipakai juga untuk memberikan uang kepada keponakan atau saudara yang masih kecil saat momen lebaran.
Menurut Musta'in, bagi-bagi THR dan menunaikan zakat keduanya memiliki makna yang sama jika dilihat dari kacamata sosiologi, yakni sebagai bentuk semangat manusia untuk kembali ke fitrah.
Fitrahnya manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Oleh sebab itu, manusia membentuk komunalitas untuk saling berinteraksi dan berbagi dalam memenuhi hajatnya.
Pada masyarakat pedesaan, kebersamaan dan solidaritas terjaga dengan baik karena didukung oleh budaya tradisional dan struktur mata pencaharian masyarakat yang berada dekat dengan lingkungan rumah. Mereka dulu belum mengenal istilah THR.
Namun, karena sifat moral dan fitrah manusia, pembagian keuntungan usaha antar individu berdasarkan hierarki pekerjaan sudah terbentuk. Hal itu dinamakan patron-klien.
"Secara moral di desa itu orang kaya memiliki kewajiban, si kaya memberi kepada yang miskin," ujar guru besar sosiologi itu.
Seiring berjalannya waktu, tumbuh industri-industri di perkotaan yang membuat masyarakat desa ikut bekerja pada korporasi dengan sistem profesional, meski begitu fitrah kemanusiaan tidaklah luntur.
Manusia tetap saling bantu membantu serta berbagi, hanya saja dalam berbagi terkadang manusia menunggu momen yang tepat, salah satunya pada momen Idulfitri.
THR adalah hasil dari sifat manusia yang saling berbagi. Namun kini THR menjadi sesuatu yang diwajibkan oleh negara karena hal ini merupakan momen yang sudah disepakati sebagai bentuk dari hajat bersama agar semua pihak baik pemerintah, pengusaha, buruh maupun swasta dapat sama-sama mengambil manfaatnya.
"Momen itu, menurut saya, adalah ruang bersama yang bisa dimaksimalkan agar semua orang mendapat manfaatnya," ungkap Musta'in.
3. Menukar Uang Baru
Menjelang lebaran, uang dengan pecahan baru diburu oleh masyarakat. Pasalnya uang baru akan digunakan untuk berbagi THR kepada keponakan atau sanak keluarga.
Menurut Musta'in, hal ini merupakan salah satu bagian dari fasilitas momen. Momen Hari Raya Idulfitri identik dengan 'salam tempel' agar tidak terjadi kecemburuan sosial antar keluarga, maka uang yang dibagikan untuk salam tempel nilainya harus sama dengan ditukarkan di bank.
Proses itu terjadi secara terus menerus dan menjadi sebuah tradisi baru di masyarakat.
"Momen itu dapat menjadi bagian dari kebutuhan diri," jelasnya. [as]